PDSS Server Penuh Lambat dan Lemot? Bagaimana Solusinya?

@pio
0
PDSS Server Penuh - Masalah PDSS server penuh dikarenakan situs PDSS sedang dalam keadaan overload menerima banyaknya kunjungan yang masuk dan melakukan penginputan serta pengeditan data, yang mengakibatkan PDSS server penuh. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah PDSS server penuh?

PDSS merupakan situs informasi yang menyediakan form untuk login sekolah untuk memasukkan dan mengedit nilai raport, nilai yang akan dimasukkan tersebut merupakan nilai siswa dan siswi yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri dengan mengikuti tes seleksi SNMPTN.

PDSS Server Penuh Lambat dan Lemot Bagaimana Solusinya

Masalah terjadi ketika banyaknya yang mengakses situs PDSS dengan muncul pesan 'Server sedang penuh, mohon menunggu'. Itu berarti bawah Anda tidak bisa membuka atau mengakses situs tersebut, atau bahkan tidak bisa login dikarenakan sedang banyaknya pengunjung yang mengakses situs PDSS.

Banyaknya yang mengunjungi baik itu operator sekolah dan siswa-siswi yang akan login dan memasukkan nilai raport, atau edit data raport dalam waktu dan jam bersamaan yang menyebabkan masalah PDSS server penuh.

Masalah PDSS server penuh tidak hanya terjadi sekali dua kali, sering masalah PDSS server penuh ini terjadi pada saat waktu penilaian raport siswa-siswi selesai dan menginputnya ke PDSS, dikarenakan waktu pelaksaannya secara bersamaan di sekolah-sekolah seluruh Indonesia dan banyak mengakses situs PDSS, sehingga PDSS menjadi overload, lambat dan tidak bisa diakses karena PDSS server penuh.

Para operator sekolah tentunya kesal dengan situasi seperti ini dengan PDSS server penuh, bahkan ada yang berhari-hari menuggu masalah PDSS server penuh ini untuk bisa melakukan memasukan dan mengedit data raport.

Sayangnya tidak ada penyelesaian yang pasti dari pemerintah untuk mengatasi masalah PDSS server penuh ini. Karena pada setiap tahunnya situs PDSS ini selalu diakses banyak pengunjung oleh operator sekolah dan siswa-siswi di seluruh Indonesia ini.

Karena mungkin biaya pemeliharaannya yang mahal untuk membeli server dengan bandwidth yang besar, karena kebutuhannya banyak diakses hanya setiap setahun sekali pada saat siswa dan siswi yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri dengan mengikuti SNMPTN.

Saran dari kami bagi Anda para operator dan siswa/siswi yang mengalami masalah PDSS server penuh dan tidak bisa mengakses situs PDSS. Ada baiknya Anda mengaksesnya pada jam-jam tertentu pada saat tidak banyak dikases. Anda bisa mencoba kembali membuka situs PDSS SNMPTN siswa dan operator sekolah di malam hari, karena di jam-jam tersebut tidka banyak pengunjung yang mengakses situs PDSS.

Untuk memudahkan Anda mengetahui PDSS tidak overload dan PDSS server penuh, Anda bisa mengeceknya dengan cara ping melalui laptop dan PC Anda dengan masuk ke Start > Run (Tombol Windows + R) dan ketikan 'ping pdss.snmptn.ac.id -t'.

Anda akan melihat bahwa jika server overload, maka Reply pada cmd akan lambat dengan TTL mencapai ratusan atau bahkan ribuan.

Itulah penjelasan kenapa PDSS server penuh, dengan kondisi ini Anda sebagai operator sekolah dan siswa yang akan masuk ke PDSS tidak akan bisa mengakses situs tersebut. Anda hanya bisa menunggu sampai server tersebut kembali normal, atau mengaksesnya di jam-jam sepi pengunjung.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)