Kenapa Laptop Tidak Bisa Konek ke Wifi? Inilah Solusinya

@pio
0
Masalah laptop tidak bisa koneksi ke wifi bisa sangat membuat frustrasi, terutama saat terjadi pada waktu yang paling mendesak (seperti saat Anda perlu mengirim email untuk memenuhi tenggat waktu dan sedang bekerja di jalan tanpa akses ke dukungan teknis). Tapi jangan khawatir, masalah laptop tidak bisa konek ke Wifi mudah-mudahan bisa teratasi dengan panduan yang akan di bahas di bawah ini.

Kenapa Laptop Tidak Bisa Konek ke Wifi?

Kenapa Laptop Tidak Bisa Konek ke Wifi? Inilah Solusinya

Berikut ini beberapa masalah laptop yang tidak bisa konek wifi :

Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop

Inilah yang harus dilakukan jika Anda mendapatkan X merah melalui ikon jaringan nirkabel di bilah status laptop Anda, laporan komputer / smartphone Anda tidak ada koneksi nirkabel, atau Anda diberi tahu bahwa tidak ada jaringan wifi yang tersedia.

Cari saklar perangkat keras atau tombol fungsi khusus pada keyboard laptop Anda yang dapat menghidupkan atau mematikan Wifi laptop, mungkin tanpa sengaja dimatikan. Biasanya dengan menekan tombol kombinasi fn+. Balikkan sakelar atau tekan tombol fungsi untuk menguji apakah ini masalahnya.

Juga, terkadang Wifi laptop tidak terdeteksi mungkin dinonaktifkan oleh pengaturan power management pada laptop atau telepon Anda. Perbaiki ini secara permanen dengan membuka Power Options pada laptop Anda dan mengubah pengaturan di sana sehingga adaptor nirkabel tidak akan dinonaktifkan oleh pemicu baterai rendah.

Jika Anda menggunakan adaptor jaringan Wifi USB, dan juga pastikan driver wifi di laptop Anda telah terinstal terpasang dengan benar. Di smarthpone, Anda juga harus memeriksa apakah wifi diaktifkan di setelan Android yang Anda gunakan.

Cobalah untuk lebih dekat ke router / access point, hilangkan gangguan

Jendela, dinding, perabotan, telepon nirkabel, benda-benda logam dan segala macam penghalang lainnya dapat mempengaruhi kekuatan sinyal wifi. Jika Anda bisa, bergerak lebih dekat ke sumber sinyal nirkabel. Untuk jaringan rumah Anda, coba juga pasang router nirkabel di lokasi yang lebih sentral di rumah Anda.

Restart atau setel ulang router nirkabel atau jalur akses

Jika Anda memiliki akses ke router wifi, mematikan dan menyalakan ulang router wifi dapat mengatur ulang sinyal, terkadang memungkinkan Anda terhubung.

Terkadang, gangguan cuaca atau listrik dapat mengatur ulang peralatan wifi ke status standarnya. Jika Anda baru saja mengalami cuaca yang buruk di wilayah Anda, coba hubungkan ke router wifi Anda dengan menggunakan setelan default yang ada di manual pabrikan (biasanya, pengaturan admin untuk router dapat diakses di alamat IP seperti http: //192.168. 2.1). Jika Anda masuk menggunakan pengaturan default, Anda harus mengatur lagi setelan khusus apa pun, seperti keamanan WPA nirkabel penting.

Periksa SSID

Biasanya, laptop atau ponsel cerdas Anda akan secara otomatis menemukan jaringan wifi baru yang tersedia dan membiarkan Anda memilihnya untuk dihubungkan. Beberapa jaringan wifi disiapkan untuk disembunyikan. Jika Anda tidak dapat menemukan nama jaringan dalam daftar jaringan wifi yang tersedia di laptop Anda, cari tahu dari pemilik jaringan tentang kunci SSID dan keamanannya, jika ada. Kemudian, secara manual menambahkan jaringan nirkabel baru.

Pastikan Network Card Anda secara otomatis mendapatkan pengaturan IP dan gateway

Sebagian besar router nirkabel diatur sebagai server DHCP, yang memungkinkan laptop, komputer dan perangkat klien lainnya untuk bergabung dengan jaringan sehingga alamat IP mereka tidak harus disiapkan secara manual. Periksa pengaturan TCP / IP adaptor jaringan nirkabel Anda untuk memastikan adaptor Anda secara otomatis mendapatkan pengaturan dari server DHCP:

Perbarui driver wifi network dan OS Anda

Masalah driver juga dapat menyebabkan masalah pada koneksi jaringan wifi, driver jaringan Anda mungkin kedaluwarsa, driver baru dapat menyebabkan masalah, router wifi mungkin baru saja ditingkatkan versinya, dsb. Coba lakukan pembaruan sistem terlebih dulu. Pergi ke Windows Update dapat menyarankan update untuk kedua sistem operasi dan adaptor jaringan Anda; Juga kunjungi situs web router Anda untuk melihat apakah ada update firmware yang tersedia.

Biarkan komputer Anda mencoba memperbaiki koneksi

Windows dapat mencoba memperbaiki masalah nirkabel untuk Anda atau memberikan pemecahan masalah tambahan. Klik kanan pada ikon koneksi jaringan di status bar dan pilih "Repair" (Windows XP) atau "Diagnose and Repair" (Windows 7/8).
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)