Cara Atur Kecerahan Laptop di Windows 10

@pio
0

Cara Menyesuaikan Kecerahan Layar Laptop - Sebagian besar dari kita menghabiskan berjam-jam di depan laptop dan komputer setiap hari. Memiliki kecerahan layar yang benar adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari ketegangan mata saat bekerja pada laptop dan PC komputer.


Pada PC yang didukung, Windows 10 secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar tetapi sebagian besar pengguna menonaktifkan kecerahan layar otomatis atau adaptif untuk secara manual menyesuaikan tingkat kecerahan.


Cara Mengatur Kecerahan Laptop di Windows 10

Untungnya, Windows 10 menawarkan beberapa cara mudah untuk mengatur kecerahan layar laptop dengan cepat, tidak seperti versi Windows sebelumnya.


Di Windows 10, selain tombol pintas, Anda juga dapat menggunakan Settings App serta Action Center untuk mengatur kecerahan layar laptop.


Harap perhatikan bahwa metode berikut ini mungkin tidak berfungsi pada PC desktop yang terhubung ke monitor eksternal.


Cara Mengatur Kecerahan Laptop di Windows 10 Dengan Mudah


Cara Mengatur Kecerahan Laptop di Windows 10 


1. Mengatur Kecerahan Laptop Menggunakan Tombol Cepat (Hotkey)


Hampir semua laptop dilengkapi dengan tombol khusus untuk mengatur kecerahan layar laptop dengan cepat. Misalnya, pada laptop ThinkPad saya, Fn + F5 / F6 dapat digunakan untuk menyesuaikan kecerahan layar.


Cara Mengatur Kecerahan Laptop di Windows 10 Dengan Mudah


Lihat keyboard Anda untuk melihat simbol kecerahan pada tombol Fungsi (F). Dan jika hotkey tidak berfungsi, pastikan driver VGA dan keyboard terpasang.


2. Mengatur Kecerahan Laptop Menggunakan Action Center di Windows 10

  • Klik ikon Action Center di Taskbar pojok kanan bawah untuk membuka panel Action Center.
  • Cara Mengatur Kecerahan Laptop di Windows 10 Dengan Mudah
  • Klik pada bagian kecerahan untuk menambah / mengurangi kecerahan layar laptop. Jika Anda tidak dapat melihat bagian kecerahan, klik tombol 'Open'.

Mengklik kecerahan sekali akan membawa kecerahan ke tingkat berikutnya. Misalnya, jika Anda mengklik ketika kecerahan 25%, kecerahan akan meningkat menjadi 50%. Setelah kecerahan mencapai 100%, klik lagi untuk mulai dari 0%.


3. Mengatur Kecerahan Laptop Menggunakan Settings di Windows 10


Ini adalah cara terbaik untuk mengatur kecerahan laptop tampilan layar yang benar karena Anda dapat menambah atau mengurangi kecerahan satu persen setiap kali.

  • Buka Settings dengan mengklik ikonnya di sisi kiri menu Start.
  • Di halaman beranda Settings, klik System.
  • Cara Mengatur Kecerahan Laptop di Windows 10 Dengan Mudah
  • Anda sekarang akan melihat opsi 'Adjust brightness level' dengan slider untuk mengatur kecerahan layar laptop. Jika Anda tidak dapat melihat opsi, klik pada Display (Settings >  System > Display).


Perhatikan bahwa adjuster tingkat kecerahan mungkin tidak muncul jika Anda mencoba menyesuaikan kecerahan layar laptop yang terhubung ke laptop Anda.


4. Mengatur Kecerahan Laptop Menggunakan Control Panel di Windows 10


Ini adalah cara klasik untuk mengatur dan menyesuaikan kecerahan laptop secara manual di Windows 10.

  • Klik kanan pada ikon baterai di baki sistem taskbar dan kemudian klik Adjust screen brightness untuk membuka jendela Power Options.
  • Di bagian bawah layar, Anda akan melihat opsi Adjust screen brightness dengan slider. Gerakkan slider ke kiri layar untuk mengurangi kecerahan layar dan ke kanan untuk menambah kecerahan.
  • Nah itulah bagaimana cara mengatur kecerahan laptop di WIndows 10 dengan beberapa metode mudah, Anda bisa memilih dari 4 metode di atas yang mudah dilakukan. Selamat mencoba!


Beri tahu kami jika ada cara tambahan untuk menyesuaikan kecerahan layar di Windows 10.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)